Darmadi M.Pd Kepsek SMA N Bingin Teluk Tingkatkan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2022

Muratara RI News

Darmadi M.Pd Kepsek SMA N Bingin Teluk Tingkatkan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2022
Darmadi M.Pd Kepsek SMA N Bingin Teluk

Muratara RI News - SMA N Bingin Teluk salah satu sekolah yang terletak diujung Kabupaten Musirawas Utara dengan memiliki 695 siswa siswi yang berasal dari beberapa daerah yang memiliki tingkat keragaman , suku , seni budaya dan kebiasaan yang berbeda beda sehingga menjadikan peran serta tenaga pendidik guru disekolah untuk menyatukan ke bhinekaan tersebut mengarah pada kurikulum pendidikan yang ditetapkan oleh dinas pendidikan tahun ajaran 2022.

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya ikut merambah dunia pendidikan, sehingga menuntut seorang kepala sekolah yang professional, untuk itu kepala sekolah dihadapkan pada tantangan untuk melaksanakan pengembangan pendidikan secara terarah dan berkesinambungan.

Peningkatan profesionalisme kepala sekolah perlu dilaksanakan secara berkesinambungan dan terencana dengan melihat permasalahan-permasalahan dan keterbatasan yang ada, sebab kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang juga bertanggung jawab dalam meningkatkan profesionalisme pendidik (guru) serta tenaga kependidikan lainnya.

Kepala sekolah yang professional akan mengetahui kabutuhan dunia pendidikann, dengan begitu kepala sekolah akan melakukan penyesuaian-penyesuaian agar pendidikan berkembang dan maju sesuai dengan kebutuhan pembangunan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Melalui strategi perbaikan mutu inilah diharapkan dapat mengatasi masalah rendahnya mutu pendidikan yang mengoptimalkan segala sumber daya yang terdapat di sekolah, upaya peningkatan profesionalisme kepala sekolah merupakan proses keseluruhan dan organisasi sekolah serta harus dilakukan secara berkesinambungan karena perubahan yang terjadi selalu dinamis serta tidak bisa diprediksi sehingga kepala sekolah maupun tenaga kependidikan harus selalu siap dihadapkan pada kondisi perubahan.

Ada istilah seorang tenaga pendidik yang tadinya professional belum tentu akan terus profesional, begitupun sebaliknya, tenaga kependidikan yang tadinya tidak professional belum tentu akan selamanya tidak professional. 

Bapak Darmadi M.Pd bertekad untuk mewujudkan kemajuan mutu tingkat pendidikan SMA N Bingin Teluk agar bisa bersaing tingkat kabupaten maupun provinsi sampai ke tingkat nasional , dengan memiliki beberapa pengalaman juga strategi yang matang untuk membuat keharmonisan bisa tercipta dalam belajar dan mengajar dilingkungan sekolah .

Dari pernyataan itu jelas kalau perubahan akan selalu terjadi dan menuntut adanya penyasuaian sehingga kita dapat mengatasi perubahan tersebut dengan penuh persiapan.

Dalam upaya peningkatan mutu sekolah dan profesionalisme kepala sekolah harus ada pihak yang berperan dalam peningkatan mutu tersebut.

Upaya peningkatan keprofesionalan kepala sekolah tidak akan terwujud begitu saja tanpa adanya motivasi dan adanya kesadaran dalam diri kepala sekolah tersebut serta semangat mengabdi yang akan melahirkan visi kelembagaan maupun kemampuan konsepsional yang jelas dan ini merupakan faktor yang paling penting sebab tanpa adanya kesadaran dan motivasi semangat mengabdi inilah semua usaha yang dilakukan tidak akan memberikan hasil maksimal dan realisasinya juga tidak akan optimal.

Harapan besar Darmadi M.Pd agar siswa siswi lulusan SMA N Bingin Teluk Kabupaten Muratara bisa memiliki akhlak yang baik budi pekerti siap untuk berbaur dilingkungan luar sekolah dengan hal yang positif juga melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sesuai jurusan yang diinginkan.

Jurnalis

Dikko Cibra 010