Desa Marga Baru Gelar Rembuk Stunting Menuju Zero Stunting Tahun 2024

Desa Marga Baru Gelar Rembuk Stunting Menuju Zero Stunting Tahun 2024

Musirawas | revolusiupdate.com - Dalam upaya untuk mengatasi masalah stunting yang mengkhawatirkan di kalangan anak-anak, Desa Marga Baru Kecamatan Muara Lakitan menggelar sebuah acara rembuk kesehatan anak yang berfokus pada penanggulangan stunting. Acara yang dihadiri oleh Bapak Muttahidi Az selaku Kepala Desa, Bapak Hermansyah, S.Pd selaku Camat Muara Lakitan, KUPT Puskesmas Muara Lakitan Ibu Sri Murdiyani, PLKB Muara Lakitan Ibu Jurmarni, Ketua BPD Bapak Arbi Asrowijaya, Ketua TP. PKK Ibu Siti Munawaroh, Pendamping Desa Bapak Bobi, Pendamping Lokal Desa Bapak Edwar, Perangkat Desa dan masayarakat. Diadakan di Kantor dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan merumuskan langkah-langkah konkret dalam penanganan masalah gizi buruk ini.

Bapak Muttahidi Az selaku Kepala Desa menerangkan " Stunting adalah masalah serius yang memerlukan perhatian dan tindakan segera dari kita semua. Rembuk stunting ini adalah langkah awal untuk mengumpulkan masukan dari berbagai pihak dan merumuskan strategi bersama dalam mengatasi masalah gizi buruk yang berdampak pada pertumbuhan anak-anak kita,"

Kepala desa juga menjelaskan bahwa acara ini melibatkan partisipasi aktif dari petugas kesehatan dan masyarakat desa untuk berdiskusi dan mencari solusi terbaik. "Kami ingin memastikan bahwa setiap anak di desa ini memiliki akses terhadap gizi yang cukup dan lingkungan yang mendukung untuk tumbuh kembang mereka," tambahnya.

KUPT Puskesmas Muara Lakitan Ibu Sri Murdiyani memaparkan "Kami siap mendukung setiap langkah yang diambil oleh pemerintah desa dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan anak-anak. Puskesmas kami akan terus mengawal dan memberikan bimbingan teknis untuk implementasi program-program ini."

PLKB Muara Lakitan Ibu Jumarni menjelaskan bahwa stunting tidak hanya berdampak pada pertumbuhan fisik anak, tetapi juga perkembangan kognitif mereka. "Anak-anak yang mengalami stunting cenderung memiliki keterlambatan dalam perkembangan mental dan sosial. Oleh karena itu, kami perlu memastikan bahwa ibu-ibu hamil mendapatkan gizi yang cukup dan anak-anak mendapatkan perawatan yang tepat sejak dini,"

Dengan berakhirnya acara rembuk stunting ini, harapan tinggi terletak pada implementasi yang efektif dari rencana aksi yang disepakati, dengan tujuan untuk mengurangi angka stunting di Desa Marga Baru dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkualitas untuk generasi mendatang.

Jurnalis 

Febry (007)