Desa Penum Gelar Penyuluhan Penanganan Covid 19 dan Stunting Tahun 2022

Benteng RI News

Desa Penum Gelar Penyuluhan Penanganan Covid 19 dan Stunting Tahun 2022
Iskandar Kepala Desa Penum Menyampaikan Kata Sambutan

Benteng RI News - Kegiatan rembuk penanganan dan penanggulangan Covid 19 dan Stunting Desa Penum Kecamatan Taba Penanjung yang  dilaksanakan diruangan  Pertemuan Kantor Desa setempat, dengan mengambil tema "Indonesia Sehat, Indonesia Cerdas".

Demikian Kepala Desa Penum Iskandar menyampaikan dalam kata sambutannya "nantinya para peserta yang hadir dapat mengambil ilmu yang diajarkan oleh para nara sumber untuk diterapkan dikehidupan sehari hari juga menyampaikan pada warga yang lain untuk ikut mensukseskan program desa Penum bebas Covid dan Stunting tahun 2022".

Kengatakan lenyuluhan dihadiri, Perwakilan kecamatan, Tanaga Kesehatan dari Puskesmas Taba Penanjung, Pendamping Desa, Bidan Desa, Perangkat Desa, BPD, Babinsa, Babinkantibmas, Lembaga Desa, Kader dan Tokoh Masyarakat.

Dalam kata sambutannya Ketua BPD mengutarakan “penyuluhan ini adalah Momen Musyawarah Desa untuk  membicarakan bagaimana mengurangi resiko Stunting dan penanganan virus Covid 19 di Desa Penum jadi kita harus bersungguh dan bekerja sama agar desa kita menjadi desa sehat, juga bagi para peserta yang kurang jelas bisa langsung bertanya pada nara sumber”.

Sedangkan Pendamping Desa pada kesempatan tersebut juga menyebutkan, penyulahan penanganan Covid dan Stunting yang dilaksanakan di desa ini merupakan Program  Nasional , yang dilaksanakan secara menyeluruh  di seluruh Desa yang dibiayai dengan Dana Desa jadi manfaatkan dengan baik program ini. 

Berdasarkan Peraturan pemerintah tentang Peran Desa, percepatan  Pencegahan penularan Covid dan Stunting di Kabupaten Bengkulu Tengah melalui kegiatan Rembuk Stunting Desa, akan  bisa menghasilkan program program  yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 nanti, sehingga semua program pemberdayaan tahun 2023 bisa tersusun dengan baik. 

Nara sumber dari Puskesmas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Desa, Lembaga, Kader ,Tokoh dan Masyarakat yang sudah melaksanakan kegiatan peduli penanganan Covid 19 dan penurunan resiko  stunting berupa sosialisasi, terbiasa hidup sehat, sering mencuci tangan, rajin olah raga, Pemberian Makanan Tambahan (PMT)  terhadap balita yang  berisiko stunting melalui Rumah Posko berisiko Stunting Desa selama ini.

Jurnalis

Diko (010)