Desa Penum Lepas 25 Ribu Bibit Ikan Untuk Program Ketahanan Pangan TA 2024

Desa Penum Lepas 25 Ribu Bibit Ikan Untuk Program Ketahanan Pangan TA 2024

Bengkulu Tengah | revolusiupdate.com - Dalam upaya memperkuat ketahanan pangan, Pemerintah Desa Penum Kecamatan Taba Penanjung menggelar program pelepasan bibit ikan nila dan ikan mas di Kolam Desa. Program ini diresmikan oleh Kepala Desa Bapak Iskandar, dan dihadiri oleh Tim kecamatan, Pendamping desa, Babinsa, Babinkantibmas, BPD, Perangkat desa, Tokoh masyarakat dan Awak Media.

Bapak Iskandar selaku Kepala Desa menjelaskan pentingnya program ini bagi ketahanan pangan dan perekonomian desa. “Program ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan sumber protein yang terjangkau bagi masyarakat serta memberikan peluang ekonomi baru melalui budidaya ikan nila dan ikan mas,” ujarnya.

Sebanyak 10 ribu bibit ikan nila dan 15 ribu ikan mas dilepas di kolam buatan yang telah disiapkan oleh Pemerintah Desa, Sebagai bagian dari program peningkatan ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Hasil dari program ini mulai terlihat dengan peningkatan jumlah ikan yang bisa dipanen oleh warga. Ikan nila dan ikan mas yang dihasilkan tidak hanya dikonsumsi sendiri, tetapi juga dijual ke pasar lokal, memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat. Selain itu, program ini juga membantu mengurangi ketergantungan desa terhadap pasokan ikan dari luar.

Program pelepasan bibit ikan ini membuktikan bahwa dengan kerja sama dan inovasi, ketahanan pangan desa dapat diwujudkan, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Jurnalis 

Febry (007)