Festival Tabot 2024 Berlangsung Meriah

Festival Tabot 2024 Berlangsung Meriah

Bengkulu | revolusiupdate.com - Pembukaan festival Tabot 2024 malam ini berlangsung sukses, kegiatan festival di pusatkan di lapangan merdeka kota Bengkulu.

Acara dimulai dengan Penampilan para penyanyi Bengkulu yang membawakan lagu daerah asli Bengkulu .

Ketua Panitia festival Tabot Bengkulu 2024 juga sebagai kepala Dinas pariwisata provinsi Bengkulu Murlin Hanizar, SP, M.Si, mengatakan pemerintah daerah bersama panitia festival Tabot tahun ini yang sudah mengemas acara festival daerah dengan baik

Semua yang terlibat akan memberi dampak dalam pelestarian budaya seni Bengkulu dan ekonomi masyarakat.

"kegiatan ini berisikan pentas seni daerah juga bazar dengan memfasilitasi tenda 1.500 lebih dan menyuguhkan rangkaian kegiatan Tabot secara utuh dan dapat diisi oleh pelaku ekonomi UMKM daerah juga instansi pemerintah",ungkap Murlin Hanizar

Menurutnya even daerah ini sudah menjadi budaya turun temurun di Bengkulu juga pelestarian budaya inipun dilakukan menyesuaikan waktu momen pelaksanaan sekaligus memberi peluang pekerja seni meningkatkan kreatifitas,dari bentuk kreasi khas di tampilkan pada pagelaran festival seni daerah di arena festival Tabot Bengkulu 2024 .

Kegiatan festival ini selama 10 hari dibuka untuk umum dimulai malam ini menjadi tontonan masyarakat yang menarik, tidak saja dari warga Bengkulu khususnya juga warga wisatawan dari luar daerah akan hadir ke provinsi Bengkulu.

"Kreasi yang mereka tampilkan akan memberi warna dengan kreatifitas di momen Tabot tahun ini"tegas Murlin.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno berharap upaya pemerintah daerah tahun ini bisa beri idampak baik bagi daerah juga perkembangan ekonomi dari sektor pariwisata dan budaya dan pihaknya mendukung hal itu.

Senada dengan itu Gubernur Bengkulu Prof. Dr.drh. H. Rohidin Mersyah,MMA pada sambutan resminya sekaligus membuka acara tersebut mengatakan festival Tabot 2024 ini dapat memberikan kesan yang baik dan budaya Bengkulu ini merupakan rangkaian kegiatan budaya daerah tahunan yang terus dilestarikan diman budaya ini merupakan ,even besar yang dapat dilaksanakan. Untuk wilayah kabupaten kota . Hingga festival ini akan memberi warna dan khas yang kental dari budaya daerah Bengkulu .

"Pemerintah provinsi akan terus mendorong karena akan memberikan sesuatu yang baik pada perekonomian promosi dan kemajuan daerah terutama pariwisata dan budaya asli daerah semakin di kenal masyarakat secara luas"Ungkap Rohidin Mersyah(06/07/2024).

Gubernur Bengkulu berharap melalui festival Tabot 2024 kemeriahan akan dirasakan langsung oleh masyarakat acara yang dibuat sukses disitu ada suka cita warga bisa mengenal budaya Bengkulu , dirasakan langsung saat berada di lokasi festival , datang dan menyaksikan langsung ragam bentuk kreasi budaya ,ritual Tabot Bengkulu yang di laksanakan 10 hari ke depan di lokasi tersebut. (Net)