Gubernur Sumsel Didampingi Bupati Musirawas Menilik Lokasi Terdampak Banjir di Kecamatan Muara Kelingi

Musirawas Update News

Gubernur Sumsel Didampingi Bupati Musirawas Menilik Lokasi Terdampak Banjir di Kecamatan Muara Kelingi

Musirawas l revolusiupdate.com -Dampak dari meluapnya Sungai Musi yang terjadi sejak minggu pagi (12/03/2023) mengakibatkan beberapa desa di Kecamatan Muara Kelingi terendam banjir hingga menyebabkan terputusnya jalan lintas penghubung Lubuklinggau-Sekayu atau sebaliknya. 

Banjir yang terjadi di Kecamatan Muara Kelingi mengundang perhatian publik hingga Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru menilik langsung Lokasi yang terdampak banjir, Selasa (14/03/2023). 

H. Herman Deru tiba di Lokasi Banjir sekitar pukul 10.00 waktu setempat dengan menggunakan Helikopter dan disambut langsung oleh Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Machmud bersama unsur Forkopimda Musi Rawas,  Kapolres Musi Rawas AKBP.  Danu Agus Purnomo, S. IK, MH.,  Danramil 0406-05/Muara Kelingi Kapten Inf. Ajun Taufik, serta sejumlah Kepala OPD lingkup kabuten Musi Rawas. 

Dengan berjalan kaki Gubernur Herman Deru didampingi Bupati Ratna Machmud menyapa warga yang terdampak banjir dilanjutkan dengan menaiki perahu karet dan menghampiri warga yang masih mendiami rumah yang terendam banjir. 

Gubernur Sumsel menyampaikan, bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Musi Rawas ada beberapa wilayah ada tiga Kecamatan, Muara Kelingi termasuk yang paling parah.,

"Dari laporan Kapolres,  sebanyak 29 desa dengan jumlah KK sekitar 2286 terdampak banjir, akan tetapi sejauh ini belum ada korban jiwa, dan kami menghimbau kepada warga untuk bersabar dan tetap waspada", ujar Gubernur. 

Gubernur Sumsel juga menambahkan,  pentingnya koordinasi maupun optimalkan posko pengendalian dan kesehatan bagi warga korban banjir.

"Dampak kesehatan akibat bencana ini warga akan terserang wabah penyakit, mulai dari gatal-gatal, demam, ispa, dan lain sebagainya. Begitupun dengan infrastruktur, setidaknya ada 6 jembatan gantung yang rusak, 3 diantaranya rusak parah dan putus diterjang banjir. Fasilitas umum dan ada rumah warga yang hanyut terseret banjir menjadi perhatian serius Pemkab Musi Rawas dan menjadi perhatian kita semua, Kita Pemprov dan PMI back up baik tenaga medisnya dan obat-obatan", tambah Gubernur Sumsel. 

Selain itu, Herman Deru pun menyebutkan apa yang menjadi pemicu terjadinya banjir. "Karena memang, disini tempat bertemunya dua sungai besar, sungai Musi arusnya bermuara dari TNKS Empat Lawang dan sungai Muara Kelingi bermuara aliran sungai dari Curup Bengkulu. Yang mana, bersamaan itu dalam kondisi hujan sehingga terjadinya air sungai meluap,”

“Bahkan, kita saksikan bersama tadi sampai rumah warga yang berlantai dua pun hanya tinggal atapnya terendam air. Dan semuanya, harapan kita air surut bencana banjir segera berakhir,” tutupnya.

Jurnalis Desa

Iwan Jenoko