Kader Posyandu Dahlia Menggelar Kegiatan Posyandu Rutin Bulanan

Lahat Update News

Kader Posyandu Dahlia Menggelar Kegiatan Posyandu Rutin Bulanan

Lahat I revolusiupdate.com - Pada Rabu 15 Maret 2023 kader Posyandu Dahlia Desa Tanjung Kurung Ulu melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Tanjung Tebat. Kegiatan ini di dilaksanakan di Kantor Desa Tanjung Kurung Ulu. Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu ini antara lain Penimbangan balita, anak juga pengecekan kesehatan Pada Lansia .

Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting. Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

Sedangkan untuk lansia pengecekan pemantauan penyakit tidak menular (PTM). Pemantauan penyakit tidak menular untuk warga yang lanjut usia dengan cara pendeteksian dini atwu lebih awal,agar penyakit tidak menjalar dapat segera diketahui dan kemudian diobati sebelum kondisinya lebih berat lagi. Salah satu cara pemantauanya yaitu dengan konsultasi tentang keluhan yang dialami oleh lansia.

Disela kegiatan Posyandu Kepala UPT Puskesmas Tanjung Tebat Dr Merti bersama Camat Tanjung Tebat Bapak Yepri Kurniawan S.STP.M.M melakukan kunjungan kerumah ODGJ yang berada di Desa Tanjung Kurung Ulu didampingi oleh Kepala Desa Bapak Efrizal T.P,giat yang dilaksanaknan oleh Puskesmas tanjung Tebat guna memastikan kesehatan dari ODGJ tersebut dan memberikan pengobatan rutin.

Jurnalis 

Medi Ibrohim