Kantor Kecamatan Tanjung Tebat Menggelar Pelatihan Rumah Desa Sehat (RDS)

Lahat RI News

Kantor Kecamatan Tanjung Tebat Menggelar Pelatihan Rumah Desa Sehat (RDS)

Lahat RI News - Pada hari selasa 13 sep 2022 bertempat diaula kantor camat Tanjung Tebat diadakan nya Pembukan  Pelatihan Kader RDS ( Rumah Desa Sehat ) kegiatan ini  diadakan selama tiga hari dimana setiap hari nya ada Empat Desa yang mengikuti kegiatan pelatihan.

Hari pertama dan pembulan Kegiatan RDS diikuti oleh Desa Tanjung Kurung Ulu, Desa Tanjung Baru, Desa Padang Perigi, Desa Pandan Arang Ilir.

Kegiatan hari kedua diikuti Desa Air Dingin Lama, Desa Air Dingin Baru, Desa Tanjung Bai, Desa Tanjung Nibung.

Kegiatan Hari ketiga  diikuti Desa Tanjung Tebat, Desa Talang Jawa, Desa Muara Danau, Desa Tanjung Menang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Tanjung Tebat Bapak Aria Pulun.SE, Sekcam Kecamatan Tanjung Tebat Bapak Nur Agung Perasetiya.S.SOS. perwakilan  dari DPMDes Lahat Meri, Tim Ahli Kabupaten Lahat Handoko, Pendamping Kecamatan, Pendamping Desa, Kepala Desa Dari Empat Desa  dan Peserta Pelatihan

Rumah Desa Sehat (RDS) adalah sekretariat bersama bagi para pegiat pemerdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan Desa di bidang kesehatan, yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan.

RDS sebagai Sekretariat Bersama penggiat pemberdayaan masyarakat Desa dan pelaku pembangunan Desa. Yang dimaksud dengan penggiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan Desa adalah Kader Posyandu, Guru PAUD, Kader Kesehatan, Unit Layanan Kesehatan, Unit Layanan Pendidikan, Kader PKK, Karang Taruna tokoh masyarakat, dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting. RDS dimaksudkan untuk membantu pemerintah Desa dalam pengelolaan sumber daya manusia utamanya di bidang kesehatan. Adapun tujuan umum dari RDS adalah meningkatkan peran RDS untuk mewujudkan konvergensi layanan kesehatab di Desa, utamanya konvergensi pencegahan stunting di Desa. Sedangkan tujuan khsus dari RDS adalah mencegah stunting,mendayagunakadan RDS sebagai sekretariat bersama bagi para penggiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan di Desa Khususnya yang bergerak dibidang Kesehatan untuk mempercepat konvergensi pencegahan stunting, medayagunakan RDS sebagai pusat pembelajaran masyarakat untuk mengadvokasi kebijakan pembangunan Desa di Bidang kesehatan, dan mendayagunakan RDS sebagai wahana pembentukan dan pengembangan kader pembangunan manusia (KPM).

Kegiatan -Kegiatan Rumah Desa Sehat adalah Pusat pembelajaran Masyarakat,  Literasi Kesehatan, Penyebaran Informasi Kesehatan, Promosi Kesehatan.

Pedoman Teknis Rumah Desa Sehat ini disusun untuk dijadikan acuan lagi Pemerintah Desa, BPD, dan Masyarakat Desa dalam berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Desa yang difokuskan pada upaya promotif dan preventif bidang kesehatan.

Jurnalis

Medi ibrohim (088)