Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Sindang Dataran

Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Sindang Dataran

Rejang Lebong | revolusiupdate.com - Musrenbang Tingkat Kecamatan merupakan tahapan Musrenbang yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan Musrenbang tingkat desa/atau kelurahan.

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawa ke atas.

Pelaksanaan Musrenbang, Rencana Kerja Pemerintah Daerah RKPD Kabupaten Rejang Lebong Tahun Anggaran 2024 tingkat kecamatan dilaksanakan di 15 Kecamatan di wilayah Kabupaten Rejang Lebong selama tujuh hari kerja.

Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Sindang Dataran dilaksanakan di Aula Kecamatan Senin 05 Februari 2024 di mulai pukul 14 Wib yang di hadiri tim musrembang,Stap PMD,Kabid PR,Kepala Puskesmas,Bappeda, Narasumber kepala SKPD,Forkopincam,   Tokoh Masyarakat,Kepala Desa dalam wilayah kecamatan Sindang Dataran, serta *Stakeholder*  terkait lainnya dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Rejang Lebong.

Adapun tujuan musrenbang kecamatan salah satunya adalah, untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan lintas desa sesuai dengan DU RKP Desa di wilayah kecamatan,

Musranbang merupakan agenda tahunan di mana masyarakat saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi, mengusulkannya dalam bentuk usulan dengan kamus usulan dari masing-masing perangkat daerah yang nantinya usulan tersebut diputuskan dan dibentuk prioritas desa dan Kecamatan.

Ketika prioritas telah tersusun kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) usulan masyarakat kemudian dikategorikan berdasarkan urusan dan alokasi anggaran yang nantinya akan diusulkan dalam Musrenbang Kabupaten.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Anton Sefrizal S.STP selaku Camat Sindang Dataran juga mengajukan suatu usulan yang menurut Beliau termasuk dalam skala prioritas di  Kecamatan khusunya dan Desa-desa dalam lingkunga pemerintah Sindang Dataran umumnya.

Beliau juga berharap agar usulan-usulan yang disampaikan oleh masyarakat dapat terealisasi untuk kedepannya agar tidak akan menjadi beban mental khususnya untuk dirinya pribadi.

Jurnalis

Fauzi(001)