Kegiatan Rembuk Stunting Desa Pelita Jaya TA 2024

Kegiatan Rembuk Stunting Desa Pelita Jaya TA 2024

Musirawas | revolusiupdate.com - Selasa (09/07/2024) Dalam upaya menurunkan angka stunting, Desa Pelita Jaya Kecamatan Muara Lakitan  mengadakan program rembuk stunting yang melibatkan dokter umum dan ahli gizi. Acara yang berlangsung di kantor desa ini dihadiri oleh Bapak Yuliansyah selaku Kepala Desa, Camat Muara Lakitan, Doktor Umum, Ahli Gizi, Ketua BPd, Pendamping Desa, Perangkat Desa, Kader Desa dan Masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Bapak Yuliansyah menerangkan "Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan anak-anak di desa kita tumbuh sehat dan kuat. Dengan adanya dokter dan ahli gizi, masyarakat bisa mendapatkan informasi dan layanan kesehatan yang lebih baik". Kades juga memberikan laporan kegiatan Stunting yang telah di laksanakan pada Tahun 2023 terdiri dari :

  • Memberi makanan untuk ibu hamil dan balita secara teratur
  • Memberikan susu bervitamin tinggi pada balita agar terhindar dari Stunting
  • Pengaturan menu makanan untuk anak yang terindikasi Stunting selama 100 hari kedepan

Beliau juga menjelaskan tentang semua program pemanfaatan anggaran dana desa Tahun 2023 baik dari pembagian BLT Didik, Infrastruktur desa, ketahanan pangan dan program pemberdayaan.

Camat Muara Lakitan memaparkan "apresiasi kepada Pemerintah Desa Pelita Jaya karena telah menjelaskan secara rinci pemanfaatan anggaran Tahun 2023 ini adalah bentuk transparansi di ketahui semua masyarakat juga semua program yang di laksanakan menjadi prioritas sehingga asas dan manfaat di rasakan langsung oleh masyarakat Desa Pelita Jaya.

Dalam keterangan Dokter Umum Stunting merupakan masalah kesehatan yang serius dan memerlukan perhatian khusus dari kita semua. Anak-anak yang mengalami stunting tidak hanya tumbuh dengan tubuh yang lebih pendek dari teman-temannya, tetapi juga berisiko mengalami keterlambatan perkembangan kognitif dan motorik. Kondisi ini tentunya akan berdampak pada kualitas hidup mereka di masa mendatang. Dalam kesempatan ini kami akan memberikan pemeriksaan kesehatan gratis dan memberikan penyuluhan mengenai pola makan yang seimbang dan bergizi.

Ahli Gizi juga memaparkan bawasannya pentingnya pemenuhan gizi yang seimbang bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Asupan makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal anak. Kami di sini untuk memberikan penyuluhan dan panduan mengenai pola makan yang sehat dan bergizi, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain pemeriksaan dan penyuluhan, acara ini juga diisi dengan diskusi interaktif antara warga dan para ahli. Masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan mengenai isu-isu kesehatan yang mereka hadapi sehari-hari.

Rembuk stunting ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam penurunan angka stunting di Desa Pelita Jaya, Acara ditutup dengan ucapan terimakasih oleh Kepala Desa kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang.

Jurnalis 

Febry (007)