Launching Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) Kabupaten Muratara

Launching Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) Kabupaten Muratara

Musirawas Utara l revolusiupdate.com - Kamis (29/02/2024) Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan Launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Launching aplikasi Srikandi ini merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara untuk mengelola arsip sesuai amanat Undang Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatra Selatan menjelaskan guna meningkatkan mutu penyelenggaraan kearsipan serta mendorong perangkat daerah untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan. Maka pada tahun 2024 dilaksanakan Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI).

Turut hadir dalam acara kegiatan Staf Ahli Bidang Ekonomi Asisten 3 Kabupaten Muratara, Kabid Dispusip Provinsi Sumsel, Kasi Dispusi Provinsi Sumsel, Asiparis se Sumsel, Para Kepala Dinas, Kepala OPD Kabupaten Muratara, Operator Srikandi, dan Kepala Bank Sumsel Kabupaten Muratara. 

Aplikasi Srikandi ini adalah perwujudan inovasi Transformasi Digital, yang akan mengubah cara pengarsipan menjadi lebih efisien dan efektif. Sementara itu penerapan aplikasi srikandi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi memori kolektif bangsa, karena melalui pengelolaan informasi secara digital dapat terekam dan tersimpan dengan baik.

Jurnalis 

Diko (010)