MONEV (Monitoring & Evaluasi) Desa Muara Danau oleh Pemerintah Kecamatan Tanjung Tebat

Lahat RI News

MONEV (Monitoring & Evaluasi) Desa Muara Danau oleh Pemerintah Kecamatan Tanjung Tebat

Lahat RI News - Dalam rangka tertib Administrasi Pemerintahan Desa Muara Danau Moniv tahap II Tahun Anggaran 2022, maka Tim Monitoring Pelaksanaan Pemerintahan dan Dana Desa Kecamatan Tanjung Tebat Kabupaten Lahat melaksanakan monitoring dan evaluasi pada Selasa, 27/06/2022, di Desa Muara Danau.

Bertempat di pelataran rumah kepala desa, Desa Muara Danau,Bapak Yudian Mirza.SE. selaku kasi ikobang kecamatan yang mewakili Bapak Camat Tanjung Tebat membuka acara monitoring dan evaluasi (monev) Pengawasa dan Pembinaan  tahap II tahun anggaran 2022. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Kota Agung AKP.Zairul, Bhabinkantipmas,  Babinsa Serda Lido dan Serda Sainul Aripin, (PDTI) Vike Itteridi, (PDP) Andri Gromiko , (PLD) M.Tri Septiano  sedangkan peserta monitoring di antaranya,  Kepala Desa Muara Danau Bapak Marwansa, BPD, Dan Perangkat Desa.

”Dalam keterangan PERS Bapak Yudian Mirza mengataan Kegiatan monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini  lebih menyasar ke pengawasan dan pembinaan terhadap pemerintah desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya” imbuhnya.

Pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di desa. Materi monev terkait pengerjaan administrasi meliputi dokumen RPJM Desa, RKP Desa, SPJ, Dokumen BLT-DD, dan dokumen penting lainnya. Sedangkan terkait pembangunan fisik, telah dilaporkan melalui dokumen pendukung bahwa Dana Desa Tahap II selain digunakan untuk penyaluran BLT-DD, juga digunakan untuk pembangunan Siring Irigasi sepanjang 67 Meter pengerjaan sudah 90%  dan kegiatan posyandu Sementara untuk pemeriksaan kegiatan  pembangunan fisik dilakukan secara langsung di lokasi bangunan oleh Tim Kecamtan beserta,Bhabinkantipmas, Babinsa, Pendamping Desa dan Perangkat Desa.

Secara keseluruhan administrasi desa dan pembangunan fisik Desa Muara Danau sudah berjalan baik walau ada sedikit beberapa data pendukung yang belum lengkap secara administrasi dikarenakan sebagian masih ada pekerjaan yang belum selesai secara total.

Jurnalis

Medi Ibrohim (088)