Musrenbang Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045 dan Penyusunan RKPD Tahun 2025 Kabupaten Bengkulu Tengah

Musrenbang Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045 dan Penyusunan RKPD Tahun 2025 Kabupaten Bengkulu Tengah

Benteng | revolusiupdate.com Rabu (27/03/2024) Bertempat di Puncak Tahura Hotel Kegiatan Musrembang Kabupaten Bengkulu Tengah digelar, program ini diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah Dr.Heriyandi Roni, M,SI PJ Bupati Bengkulu Tengah Kepala Bappeda Para Asisten, Para Kepala OPD, Camat, Ketua Forum Kepala Desa dan tamu undangan lainnya.

 

Bappelitbangda Kabupaten Bengkulu Tengah bertugas melaksanakan dan mengkoordinasikan Musrenbang RPJPD Kabupaten dan Musrenbang RKPD Kabupaten, hal itu sesuai dengan amanat Pasal 31 dan Pasal 94 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Musrenbang RKPD Kabupaten Bengkulu Tengah Tahun 2024 merupakan kelanjutan dari tahap sebelumnya di tingkat kecamatan dan Forum Perangkat Daerah.

Hasil kesepakatan dari Musrenbang RKPD tingkat kecamatan menjadi masukan penting dalam menyusun Rancangan RKPD Kabupaten Bengkulu Tengah tahun 2025. 

Sementara itu, Musrenbang RPJPD Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan tahap lanjutan setelah Rancangan Awal RPJPD melalui berbagai tahapan, termasuk FGD, Konsultasi Publik, dan Konsultasi dengan Bappeda Provinsi Bengkulu.

Selain itu Musrenbang RKPD dan RPJPD ini menjadi wadah untuk menggali masukan dari para stakeholder yang hadir, memperkaya dan menyempurnakan rencana pembangunan yang telah disusun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah.

Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Musrenbang RKPD dan RPJPD Kabupaten Bengkulu Tengah, pihak penyelenggara telah menyiapkan Panduan Umum dalam bentuk soft copy. Panduan ini mencakup Kerangka Acuan, Agenda Kegiatan, dan Informasi Umum yang relevan dengan pelaksanaan acara.

Harapannya, panduan ini akan menjadi sumber informasi bagi peserta, memastikan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD dan RPJPD Kabupaten Bengkulu Tengah tahun ini berjalan tertib dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Musrenbang sudah seharusnya ini menjadi ajang penjaringan aspirasi dari masyarakat di kabupaten Bengkulu Tengah. Selanjutnya aspirasi masyarakat tersebut diselaraskan dengan perencanaan dari perangkat daerah di kabupaten Bengkulu Tengah.

ARAH PEMBANGUNAN Kabupaten Bengkulu Tengah Kedepan: 

  1. Kesehatan untuk Semua
  2. Pendidikan Berkualitas yang Merata
  3. Perlindungan Sosial yang Adaptif
  4. Iptek, Inovasi, dan Produktivitas Ekonomi
  5. Penerapan Ekonomi Hijau
  6. Transformasi Digital
  7. Integrasi Ekonomi Domestik dan Global
  8. Perkotaan dan Pedesaan Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi
  9. Regulasi dan Tata kelola yang Berintegritas dan Adaptif
  10. Hukum Berkeadilan, Keamanan Nasional Tangguh, dan Demokrasi Substansial
  11. Stabilitas Ekonomi Makro
  12. Ketangguhan Diplomasi dan Pertahanan Berdaya Gentar Kawasan
  13. Beragama Maslahat dan Berkebudayaan Maju
  14. Keluarga Berkualitas, Kesetaraan Gender, dan Masyarakat Inklusif
  15.  Lingkungan Hidup Berkualitas
  16.  Berketahanan Energi, Air, dan Kemandirian Pangan
  17.  Resiliensi terhadap Bencana dan Perubahan Iklim

Kegiatan Musrenbang berjalan dengan tertib kita berharap semua program kerja yang telah tersusun tahun 2025 bisa terlaksana dengan baik.

Jurnalis 

Diko (010)