Musrenbangdes dan Penyusunan RKPdes Desa Air Dingin

Lebong RI News

Musrenbangdes dan Penyusunan RKPdes Desa Air Dingin

Rejang Lebong RI News- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa yang di singkat Musrenbangdes merupakan forum rembug warga desa yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa agar terindentifikasi dengan baik untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah desa dalam melaksanakan penganggaran dan gegiatan tahunan desa.

Di samping itu ini merupakan musyawarah tahunan yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam jangka waktu satu tahun atau satu periode.

Adapun penyusunan RKPDes telah dilakukan dengan tahapan-tahapan sesuai ketentuan berlaku, antara lain Pencermatan Ulang RPJM Desa dan penyelarasan dengan Rencana Pembangunan Daerah araupun Kabupaten dan mengacu pada Peraturannya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang prioritas penggunaan dana desa merupakan pedoman dalam penyusunan RKPDes.

Selasa 27 September 2022 Desa Air Dingin melaksanakan kegiatan Musrenbangdes di balai desa yang dihadiri oleh Bapak Firdaus Affandi selaku Camat Sindang Kelingi, Bhabinkamtibmas Mansori, Ketua BPD, Pendamping Desa Bapak Dezi Arianto/Halamun,Perangkat Desa serta pihak terkait lainya degan mengikuti ketentuan yang berlaku. 

Selain menentukan prioritas yang masuk dalam RKPDes Tahun 2022 Musrenbangdes juga menyepakati program tahun anggaran 2023 yang akan diajukan ke tingkat kabupaten.

Program atau usulan yang diajukanke tingkat kabupaten ini lebih dikenal dengan istilah Daftar Usulan Rencana Kegiatan (DURK),ungkap Pendamping Desa Bapak "Dezi Arianto".

Dalm kesempatan yang sama juga di bahas tentang kerjasama antar desa Bumdesma (Badan Usaha Desa Bersama) dan rencana kepegurusan serta struktur nya.

Jurnalis

Fauzi (001)