Pelatihan dan Penyuluhan Pemahaman Penanggulangan Stunting Desa Pal VIII TA 2024

Pelatihan dan Penyuluhan Pemahaman Penanggulangan Stunting Desa Pal VIII TA 2024

Rejang Lebong l revolusiupdate.com - Kamis (06/06/2024) Kegiatan musyawarah Rembuk Stunting Desa Pal VIII kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) dilaksanakan di Kantor Desa, acara ini memberikan edukasi serta penjelasan kepada masyarakat apa itu Stunting dan cara mengatasi sejak dini agar masyarakat desa Pal VIII terbebas dari Stunting.

Kegiatan dihadiri oleh Bapak Iis Sugianto Selaku Kepala Desa turut hadir Camat Bermani Ulur Raya, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Puskesmas Bangun Jaya, sekretaris PMD, Pendamping Desa, BMA, Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa dan Ibu-ibu kader posyandu.

Acara di buka oleh Kepala Desa langsung menyampaikan kata sambutan "diharapkan acara Rembuk Stunting ini memberikan keaktifan para Kader serta Pemerintah desa untuk mengawasi serta pembinaan kepada masyarakat khususnya ibu hamil, para balita untuk menjaga kesehatan juga pola makan yang bergizi agar terhindar dari Stunting".

Ibu Desma Heryana,SKM.MM Sekertaris PMD Rejang Lebong Selaku Narasumber Memberikan Keterangan apa itu Stunting "Stunting adalah pertumbuhan anak yang lambat bisa berupa daya kembang  pemikiran, tumbuh badan atau kerdil".

Pemerintah Desa Pal VIII memberikan laporan kegiatan Stunting yang telah di laksanakan pada Tahun 2024 terdiri dari :

- Memberi makanan untuk ibu hamil dan balita secara teratur

- Memberikan susu bervitamin tinggi pada balita agar terhindar dari Stunting

- Pengaturan menu makanan untuk anak yang terindikasi Stunting selama 100 hari kedepan.

Bapak Iis Sugianto juga menjelaskan tentang semua program pemanfaatan anggaran dana desa Tahun 2024 baik dari pembagian BLT DD, Infrastruktur desa, ketahanan pangan dan program pemberdayaan.

Camat Bermani Ulur Raya memaparkan "apresiasi kepada Pemerintah desa Pal VIII karena telah menjelaskan secara rinci pemanfaatan anggaran Tahun 2024 ini adalah bentuk transparansi di ketahui semua warga masyarakat juga semua program yang di laksanakan menjadi prioritas sehingga asas dan manfaat di rasakan langsung oleh masyarakat desa Pal VIII.

Kepala Puskesmas Ibu Tutik Royani,Amd.Keb Selaku Narasumber menjelaskan untuk prioritas perencanaan DD Tahun 2024 program Stunting masuk dalam prioritas karena salah satu program nasional ada beberapa poin yang harus di pelajari oleh desa itu bisa di anggarkan oleh dana desa pemeriksaan secara rutin ibu hamil dan anak, asuransi untuk ibu hamil penambahan asupan makanan bergizi pemanfaatan perkarangan rumah untuk berkebun. 

Dengan berakhirnya Penyuluhan penanggulangan stunting diharapkan pada semua Kader bisa bekerja sama untuk aktif mengontrol para Balita anakanak dan ibu hamil di Desa Pal VIII sehingga tidak terjadi kasus Stunting.

Jurnalis 

Febry (007)