Perayaan Satu Muharram/Sedekah Bumi Di Desa Air Nau

Rejang Lebong RI News

Perayaan Satu Muharram/Sedekah Bumi Di Desa Air Nau

Rejang Lebong RI News-Sedekah Bumi merupakan suatu _upacara adat_ yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui bumi, berupa segala bentuk hasil bumi. 

Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesian khususnya di pulau Jawa.

Tradisi ini dilaksanakan pada hari _naas tahun_ atau pada awal bulan Muharam/Sura.Tempat pelaksanaan acara ini awalnya dilakukan di perempatan jalan, namun sekarang biasanya di laksanakan di balai desa, halaman Masjid atau tempat terbuka seperti lapangan. 

Sajen yang penting dalam tradisi ini adalah "bubur sura" dan hasil bumi untuk dimakan dan di kuburkan.Bubur Sura dibuat dari berbagai biji-bijian yang  hanya boleh dimasak dalam kendi kuali dari tanah,inilah _ritual_ yang turun temurun dilakukan. 

Berbagai jenis hasil bumi, mulai dari biji-bijian, umbi-umbian dan sayuran dan buah, akan dikeluarkan pada acara tersebut dan di makan bersama-sama.

Demikian yang di lakukan Pemerintah Desa Air Nau beberapa hari lalu, bertempat di Desa Air Nau,diadakan kegiatan sedekah bumi yang di komandoi oleh Kepala Desa langsung. 

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Bupati Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi MM, beserta jajarannya, Kepala Dinas PMD Bapak Suradi serta pejabat lainnya,berlangsung meriah serta dihadiri oleh seluruh warga desa setempat.

Dalam sepatah kata yang di ucapkan Bupati menyampaikan bahwasanya, kegiatan tahunan ini merupakan pengungkapan rasa Syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan rizki ,dan semoga masyarakat desa Air Nau ini khususnya, serta desa-deaa lainnya, terhindar dari berbagai macam kesulitan dan di jauhkan dari pada bencana,dan yang terpenting kegiatan ini merupakan bentuk implentasi untuk menyambung tali Silaturami antar sesama warga.

Senada juga dengan Kepala Desa, beliau berharap agar silaturahhim selalu terjaga antara sesama umat beragama serta sesama warga tentunya. 

Di penghujung acara Apak imam desa menutup acara dengan Do'a bersama semoga apa yang diharapkan pada kegiatan ini dapat dikabulkan oleh Allah..Aamiin... 

Jurnalis

Fauzi (001)