Peringatan HUT Republik Indonesia Yang Ke 78 Di SDN 27 Lubuklinggau

Peringatan HUT Republik Indonesia Yang Ke 78 Di SDN 27 Lubuklinggau

Lubuklinggau | revolusiuodate.com- Tanggal 17 Agustus merupakan hari istimewa bagi bangsa Indonesia.Pada tahun ini Indonesia akan merayakan HUT ke-78 pada Kamis (17/08/2023).

Undang-undang Republik Indonesia No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa,dan Lambang Negara serta lagu Kebangsaan Indonesia pada Pasal 7 ayat 3 mengatur tentang kewajiban mengibarkan bendera merah putih bagi setiap warga negara yang memiliki hak penggunaan rumah, gedung kantor,satuan pendidikan transparansi publik dan transportasi pribadi di wilayah Indonesia, serta kantor perwakilan diplomatik Indonesia di luar negara pada tanggal 17 Agustus.

Sekarang Pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih sebulan penuh terhitung sejak tanggal 01 Agustus hingga 31 untuk memperingati HUT RI.

Selain mengibarkan bendera merah putih, masyarakat juga memasang umbul-umbul dengan pola merah putih pada sepanjang jalan desa, provinsi serta menghiasi lingkungan dengan nuansa merah putih sebagai representasi dari warna bendera sebagai wujud nasionalisme untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Mengacu dari hal tersebut di atas, maka SD Negeri 27 kota Lubuklinggau menyelenggarakan kegiatan upacara bendera sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dan rasa nasionalisme terhadap bangsa.

Rangkaian acara dimulai sekita pukul 08.30 WIB dengan  diawali dengan *Gladi*   pengibaran bendera merah putih,pembacaan teks Proklamasi,UUD serta teks Pancasila.

Kemudian pada pukul 09.00 WIB, dilaksanakan upacara detik-detik Proklamasi yang diikuti oleh seluruh siswa siswi dengan khidmat,Kepala Sekolah Bapak Masyuti,S.Pd, bertindak selaku Pemimpin upacara dan Riko Fernando,S.Pd. bertindak sebagai Pembina upacara. Dan di penghujung acara dinyanyikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia dengan gegap gempita dengan rasa *Nasionalisme* yang mendalam.

Sebagai acara penutup guru memberikan   hadiah kepada pemenang lomba dari kelas satu putra putri Sampai kelas enam dalam berbagai katagori dari juara satu sampai juara tiga.

Jurnalis

Fauzi(001)