Realisasi BLT-DD 100 KPM Desa Muara Telita

Rejang Lebong RI News

Realisasi BLT-DD 100 KPM Desa Muara Telita

Rejang Lebong RI News - Pemerintah Desa Muara Telita Kecamatan Padang Ulak Tanding Kamis 7 Juli 2022 melaksanakan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap dua Triwulan April,Mei dan Juni.

Kegiatan dilaksanakan di pelataran rumah kepala desaa dihadiri tim kecamatan, Kepala Desa Bapak Ibrahim , Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Ketua BPD, Perangkat desa dan masyarakat penerima bantuan. 

Berdasarkan Perpres No. 104 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dimana 40% harus terserap untuk Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT),di samping itu untuk meminimalisir terjadinya tumpang tindih dalam penyalurannya,Keluarga Penerima Manfaat harus melalui seleksi yang ketat dengan croscek data penerima bantuan dari dinas sosial agar tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan. 

Penetapan KPM BLT DD merupakan hasil Musyawarah Desa Khusus yang dilaksanakan bersama BPD sebelumnya, yang mana telah ditetapkan sebanyak 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Bapak Ibrahim mengatakan, calon KPM BLT DD ini sudah memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan diataranya sudah di vaksin minimal dua kali,lebih lanjut beliau menjelaskan persyaratan pencairan BLT DD inipun sudah sudah kami lakukan diataranya dari target 100% vaksinasi desa Pemdes Muara Telita sudah mencapai 97% vaksinani warga di desa.

Beliau berharap,semoga bantuan yang diberikan mampu meringankan beban KPM untuk memenuhi kebutuhan pokok yang akan di salurkan selama 12 bulan sebesar Rp. 300.000; per bulannya dan kali ini akan di salurkan tiga bulan sekaligus dengan kalkulasi masing-masing KPM akan menerima Rp. 900.000;/KPM. Selain itu beliau menyampaikan terkait kesadaran masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini.

Jurnalis

Diko (010)