Realisasi BLT DD Periode Bulan April - Juli Serta Kegiatan Rembuk Stunting Desa Tanjung Heran TA 2024

Realisasi BLT DD Periode Bulan April - Juli Serta Kegiatan Rembuk Stunting Desa Tanjung Heran TA 2024

Bengkulu Tengah | revolusiupdate.com - Senin (08/07/2024) Pemerintah Desa  Tanjung Heran Kecamatan Taba Penanjung melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa kepada warga yang berhak menerima. Acara berlangsung di kantor desa.

Kegiatan dihadiri oleh Bapak Palatehan selaku Kepala Desa, Perwakilan Kecamatan Bapak A.H Prasetya, S.Sos, Kepala Puskesmas Ibu Iis gumanti, Ketua BPD Bapak Khaidir, Penyuluh KB Bapak Samsul, Babinsa Bapak Hardana, Bhabinkamtibmas Bapak Candra, Pendamping Desa, Bidan Desa, Kader Posyandu, Perangkat Desa dan Masyarakat Penerima Manfaat (KPM).

Kegiatan di buka oleh Bapak Palatehan dan memberikan kata sambutan "terima kasih kepada seluruh pihak yang telah hadir dalam acar rembuk stunting dan pembagian BLT DD. Acara ini sangat penting sebagai wujud komitmen kita dalam mengatasi masalah stunting di desa kita, Stunting adalah masalah serius yang harus kita atasi bersama, karena menyangkut masa depan anak-anak kita dalam acara rembuk ini kita akan membahas langkah-langkah strategis untuk mencegah dan menanggulangi stunting. Saya berharap dari rembuk ini kita bisa mendapatkan solusi yang tepat yang bisa kita terapkan di desa kita. Selain rembuk stunting pada hari ini juga akan dilaksanakan pembagian BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada masyarakat  yang berhak menerima. BLT ini adalah bentuk perhatian dan bantuan dari pemerintah untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat.

Secara simbolis para tamu undangan menyerahkan BLT DD kepada 14 KPM dengan jumlah uang 1,2 juta rupiah untuk periode bulan April, Mei, Juni dan Juli.

Dalam acara Rembuk Stunting Kader Posyandu memberikan usulan dibuatkan Balai Posyandu Serta dipersiapkan juga alat alat posyandu seperti alat timbang berat badan, alat cek tensi darah, alat cek gula darah, alat cek kolesterol dan alat lainya yang dibutuhkan.

Bidan Desa menerangkan bahwasanya ada 2 anak yang terindikasi terkena stunting tetapi sudah diberikan obat obatan, makanan tambahan dan vitamin diberikan secara rutin setiap hari.

Bapak A.H.Prasetya,S.Sos memberikan arahan untuk KPM yang pindah alamat ke desa lain maka hak mendapatkan BLT DD dihapus karena BLT DD melalui pendataan sesuai dari data Kepala Keluarga (KK). Untuk anak yang terindikasi Stunting karena masi tinggal di Desa Tanjung Heran maka menjadi tanggung jawab desa untuk memberikan makanan tambahan obat obatan dan vitamin.

Arahan Ketua BPD Bapak Khaidir jalankan semua program dilaksanakan di Pemerintah Desa harus jelas dan terarah karena anggaran mengunakan dana negarah, ter husus usulan para kader dan bidan desa ditepati karena itu berguna untuk masa depan anak anak Desa Tanjung Heran.

Acara di akhiri dengan penandatanganan Pernyataan Komitmen Bersama Percepatan Penurunan Stuting Melalui 6 Aksi Konvergensi Penanggulangan dan Pencegahan Stunting Dikabupaten Bengkulu Tengah Tahun 2024.

Jurnalis 

Febry (007)