"Syukur Atas Berkah Hasil Bumi" Masyarakat Desa Margoyoso Adakan Sedekah Bumi

Musirawas RI News

"Syukur Atas Berkah Hasil Bumi" Masyarakat Desa Margoyoso Adakan Sedekah Bumi
Kata Sambutan Karfendi Dalam Acara Sedekah Bumi

Musirawas RI News - Masyarakat desa Margoyoso Kecamatan Jayaloka menggelar tradisi Bersih Desa atau Sedekah Bumi bertempat di pelataran Balai Desa. Sedekah bumi sebagai simbol kebersamaan dan kemakmuran desa juga wadah bagi seluruh masyarakat bersama pemerintah desa menjalin rasa kekeluargaan agar secara gotong royong bekerjasama menuntaskan permasalahan di desa.

Kegiatan dihadiri Perwakilan Kecamatan, Kepala desa, perangkat desa, Koramil 07 Jayaloka, ketua BPD dan anggota, anggota Polisi dari Polsek Jayaloka, tokoh adat, tokoh masyarakat, para sesepuh dan warga desa. 

Antusias masyarakat dan perangkat desa sangat tinggi dengan menyumbangkan 2 ekor Kambing untuk disembelih dan dinikmati secara bersama sama dalam pelaksanaan hari Sedekah Bumi. 

Dalam prosesi acara, setiap kepala keluarga yang datang secara sukarela membawa nasi bersama lauk pauk dari rumah sebagai syarat untuk pelaksanaan tradisi sedekah bumi. Nasi dan lauk yang sudah terkumpul kemudian dibacakan doa oleh sesepuh adat masyarakat setempat lalu dihidangkan dan sisantab bersama. 

Dalam kata sambutan Kepala Desa Karfendi "menitik beratkan program peternakan baik penggemukkan dan pembiakan yang nantinya dalam pengelolaan melibatkan warga masyarakat untuk meningkatkan kesejahteran dan untuk bidang pertanian kita upayakan perkebunan kelapa Sawit yang lahannya milik masyarakat sehingga meningkatkan semua sektor ekonomi warga mengingat harga Sawit masih tinggi juga perawatan tidak terlalu sulit. 

Beliau juga mengajak semua masyarakat desa Margoyoso untuk hidup rukun dan damai sehingga tercipta rasa aman saling menghargai, jadi pemerintah desa bisa fokus membangun desa, juga perangkat desa siap memberikan pelayanan yang maksimal kepada warga "tutup Karfendi".

Kita harus bersama sama berdoa agar desa bersih dari wabah penyakit sehingga warga dapat kembali beraktifitas seperti sediakala, dan roda perekonomian kembali bangkit. Setelah selesai berbagi makanan, warga lalu membubarkan diri dengan tertib. 

Acara sedekah bumi ini harus terus di lestarikan dan diperkenalkan pada anak anak muda sekarang, karna apabila tidak dipupuk dari sekarang maka akan tergerus terlupakan oleh kecanggihan dunia digital sekarang ini.

Jurnalis

Diko (010)