Titik Nol Program Pembagunan Fisik Desa Tanjung

Titik Nol Program Pembagunan Fisik Desa Tanjung
Kepala Desa Rozi beserta Tim meninjau lokasi pembangunan JUT

Musirawas RI News - Tanda dimulainya program pembangunan desa baik pemberdayaan dan pembangunan fisik yaitu diadakan acara titik 0% suatu bentuk transfaransi desa dalam pemanfaatan anggaran. 

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar tetap mendukung program pembangunan fisik di desa untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat seperti pembuatan jalan usaha tani, lumbung dan irigasi. 

Salah satu langkah kongkrit penggunaan prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022 adalah untuk pemulihan ekonomi maka pemerintah desa Tanjung kecamatan Muara Kelingi membangun Jalan Usaha Tani sebab sebagian besar penduduk bermata pencarian dari hasil berkebun dan bertani. 

Desa Tanjung prioritas membuat JUT dengan Panjang 290 meter di dusun 2 Pulau Belalang sesuai hasil Musrenbangdes, yang mana nantinya dibangun dengan sistim Padat Karya Tunai membantu pendapatan warga setempat. 

Dalam kegiatan tim langsung turun ke lokasi untuk memantau pembangunan, sebab setelah titik nol maka secara resmi masyarakat bisa bekerja. 

Acara titik 0% dihadiri oleh Camat, Kepala desa bapak Rozi Ali Sunaryo, Babinsa, Babinkhantibmas, Pendamping desa, BPD, TA dan Perangkat desa. 

Kebijakan prioritas penggunaan dana desa ini, selaras juga dengan Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2021 tentang rincian APBN tahun 2022, yang salah satunya memerintahkan penggunaan dana desa tahun 2022 untuk mendukung program ketahanan pangan seperti membuat Jalan Usaha Tani, program tersebut juga menjadi prioritas dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2021.

Bapak Rozi Ali Sunaryo dalam keterangan "semua program yang kami lakukan dalam memanfaatkan anggaran dana desa melalui musyawarah agar digunakan memang prioritas untuk meningkatkan ekonomi desa dan kesejahteran masyarakat, sebab dana desa diregulasikan untuk kepentingan bersama. 

Jurnalis

Diko (010)